Tak terasa kita hampir tiba di penghujung bulan februari, tentunya ujian nasional semakin dekat. Kunci sukses ujian nanti dimulai sejak sekarang, banyaklah latihan megerjakan soal atau mengikuti try out, membaca materi dimanapun teman-teman berada. Lebih baik merasa seperti termehek-mehek sekarang gara-gara harus capek mempersiapkan materi, belajar, membuat catatan kecil, atau sering nongkrong di depan komputer untuk browsing soal-soal seperti sekarang ini, daripada termehek-mehek nanti karena gak lulus ujian bukan? yah orang bilang dibalik semua kerja keras teman-teman semua, jangan pernah lupa berdoa. Dengan berdoa teman-teman paling tidak teman-teman mendapatkan ketenangan batin.

Sedikit motivasi buat teman-teman, kalau teman-teman sempat melihat cara belajar anak-anak, pelajar di negara lain seperti Jepang misalnya, mungkin akan sedikit kaget. Mereka begitu antusias untuk belajar, didalam keseharian kegiatan mereka, buku atau catatan kecil adalah pegangan yang tak pernah lepas dari tangan mereka. Ketika menunggu kereta listrik, di dalam bus, menghadapi kemacetan, mereka tak pernah luput dari kegiatan membaca. Nah teman-teman mulai sekarang harus mempersiapkan catatan kecil untuk di bawa kemanapun teman-teman pergi, mau ke Mall, ke rumah temen, nonton TV, ke kamar kecil, nunggu jemputan, nunggu bis atau angkot, atau di tempat lainnya ketika ada waktu senggang atau kesempatan gunakanlah untuk membaca.

Mumpung masih ada waktu untuk bertanya, maka bertanyalah. Segeralah bertanya kepada guru, teman, kakak, orang tua atau siapa saja mengenai suatu hal atau pembahasan yang teman-teman belum pahami. jangan malu untuk bertanya, kata pepatah malu bertanya sesat dijalan. jangan hiraukan anggapan atau perkataan teman-teman lain yang akan menyurutkan keinginan untuk bertanya, karena yang mengenal kemampuan pribadi kita adalah diri kita sendiri. Biasanya menjelang ujian seperti ini, para guru akan dengan senang hati membantu para muridnya. Jadi pergunakan;ah kesempatan ini.

Oke teman-teman selamat belajar. Jika ada teman-teman yang mau arsip soal-soal ujian tahun-tahun yang lalu, ujisoal tim akan menyiapkannya dalam waktu dekat ini. Salam SUKSES.


Digg!
Tim ujisoal berhasil menyediakan soal ujian nasional 2009 IPA untuk SMP, ya semoga teman-teman bisa menggunakan dengan baik.

Masih seputar standar kelulusan dari DEPDIKNAS, prediksi dari tim uji soal tentang mata pelajaran IPA SMP ini tetap mengacu apa yang di katakan oleh DEPDIKNAS, yaitu mengacu pada pelajaran 2008/2009 bentuk tes Ilmu Pengetahuan Alam tingkat SMP/MTs berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda, sebanyak 40 soal dengan alokasi waktu 120 menit.

● Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah standar kompetensi lulusan tahun 2009 (SKL–UN–2009).

Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut meliputi:
Besaran dan satuan, konsep zat dan kalor, dasar-dasar mekanika, konsep getaran dan gelombang, konsep bunyi, optik geometrk, kelistrikan dan kemagnetan, sistem tata surya, ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksinya, pelestarian makhluk hidup, struktur dan fungsinya jaringan atau organorgan pada tumbuhan dan manusia, konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup organisme, cara-cara reproduksi, teknologi dan masyarakat, bahan kimia alami dan buatan.

Nah teman-teman mulai sekarang bisa mempelajari soal dan pembahasannya di bawah ini. silahkan di download, alangkah baiknya apabila teman-teman mendiskusikan dalam kelompok belajar, karena sangat efektif untuk membantu ingatan dan adanya kerjasama dan saling membantu dalam belajar akan meningkatkan semangat. oke Selamat belajar ya.

Sekarang teman-teman bisa mendownload pembahasan soal IPA di bawah ini.
Sialahkan Klik disini untuk download soal dan pembahasan Ujian Nasional IPA 2009 Untuk SMP dan Mts
File : pdf 407 KBytes Soal ujian Nasional IPA SMP 2009
Belum punya aplikasi pdf di komputer kamu?
klik disini untuk download segera PDF versi terbaru.



Digg!
Feb 16, 2009

Cara Belajar Yang Efektif

Untuk mempersiapkan ujian nasional nanti, tentu teman-teman selain mencari prediksi soal-soal ujian, kunci jawaban, atau mungkin bocoran soal-soal, tentunya kita harus mengetahui cara belajar yang efektif. Adakah diantara teman-teman yang sukar sekali mengingat? susah mengingat berarti juga sudah menghafal, atau mungkin susah juga menyerap apa yang teman-teman pelajari?, sekarang inget tapi besok sudah lupa... sering juga ketika mengerjakan soal ujian atau soal tes teman-teman berkata dalam hati "aduh aku inget di halaman ini, tapi isinya apa ya? kok lupa aduh..." atau "iya ini kan jawabannya yang aku baca tadi, kok lupa seh apa tadi ya?.."

Oleh karena itu tips kali ini semoga bisa membantu teman-teman dalam belajar, semoga juga kejadian sperti diatas tidak terjadi pada teman-teman semua.

1. Aturan utama, BELAJAR.
Kalau teman-teman sudah mempunyai prediksi soal ujian, materi atau pembahasannya, pelajarilah jauh-jauh hari. Kuasailah materi jauh sebelumnya, paling tidak satu bulan sebelum ujian teman-teman sudah mengusai bahan ujian.

2. Buatlah Gambar.
Untuk pelajaran yang lebih banyak kegiatan menghafal, teman-teman bisa menggunakan trik gambar, maksudnya adalah pada saat teman-teman membaca, gambarlah sesuatu yang terlintas di benak teman-teman,entah, bunga, kupu-kupu, bintang, bulan, apapun itu langsung tuangkan, gak peduli gambarnya jelek :) Nah biasanya di kemudian hari, tanpa teman-teman membaca seluruh halaman, ketika melihat gambar tadi pasti teman-teman akan ingat apa isinya, coba ntar langsung praktek ya.

3. Membacalah dengan menyenangkan dan kritis.
Membaca untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang tujuannya adalah mencari dan memahami ilmu yang terkandung dalam bacaan tersebut.
Membaca kritis. Membaca disini sama dengan membaca untuk mencari ilmu. Namun membaca disini diikuti oleh proses menelaah isi bacaan tersebut, misalnya dengan pertanyaan-pertanyaan apa itu?, mengapa bisa terjadi?, oleh siapa?, kapan?, dimana? dan bagaimana itu bisa terjadi? Dalam membaca kritis, kita membuat bacaan sebagai lawan yang harus dikalahkan dengan cara mengetahui dan memahami seluruh isinya. biasanya belajar dengan menggunakan metode membaca kritis akan menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Sebetulnya masih banyak tips lain, tapi dengan melakukan tiga hal di atas teman-teman ibarat sudah memegang kunci kelulusan. Segeralah lakukan dan siap-siaplah menerima nilai tinggi dalam ujian nanti. Selamat Belajar.


Digg!
Buat teman-teman SMP sekarang bisa mempelajari materi bahasa inggris buat persiapan menghadapi ujian nasional yang akan di adakan tanggal 27 April 2009 nanti, nah di bawah ini adalah standar Soal dan Kelulusan yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS, Bacalah dengan seksama , karena bisa di pastikan bentuk soalnya akan keluar pada waktu ujian nanti.


Pada ujian nasional tahun pelajaran 2009 dan 2010, bentuk tes Bahasa Inggris tingkat SMP/MTs berupa tes tertulis denganbentuk soal pilihan ganda sebanyak 50 soal dengan alokasi waktu 120 menit.

• Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah standar kompetensi lulusan tahun 2009 (SKL–UN–2009).

•. Uraian materi untuk memahami makna teks tulis fungsional pendek, percakapan dan esai pendek meliputi;gagasan utama, gagasan pendukung, informasi rinci,informasi tersirat, informasi faktual, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat, kosa kata, tatabahasa dan ciri-ciri kebahasaan lainnya yang terkait dengan jenis teks dan tema.

Uraian materi untuk mengungkapkan makna dalam tekstulis fungsional pendek, percakapan dan esai pendek meliputi;

menyusun kata, acak menjadi kalimat,menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang padu, dan melengkapi kalimat/paragraf/teks rumpang.

Untuk Lebih lengkapnya teman-teman bisa download bentuk soal-soal Ujian Bahasa Inggris SMP 2009 di bawah ini.


Sialahkan Klik disini untuk download soal dan pembahasan Ujian Nasional Bahasa Inggris 2009 Untuk SMP dan Mts
File : pdf 127 KBytes Soal ujian Bhs. Inggris SMP 2009
Belum punya aplikasi pdf di komputer kamu?
klik disini untuk download segera PDF versi terbaru.



Digg!
Tim ujisoal saat ini sedang berupaya untuk mendapatkan kisi-kisi soal ujian nasional 2009 mata pelajaran Matematika untuk SMA. Sejauh ini informasi yang tim Ujisoal dapatkan dari LITBANG Depdiknas memang ada beberapa perubahan materi dan bentuk soal matematika dibanding dengan soal-soal tahun lalu, sekarang bentuk soalnya telah disesuaikan dengan nilai standar kelulusan sekarang. Untuk itu Tim UJisoal baru akan menyediakan pembahasan dan sedikit bocoran soal-soal ini hari senin depan yaitu 16 Februari 2009, harap teman-teman SMA bersabar.

Namun yang tak kalah penting yaitu teman-teman harus tahu standar soal yang akan di ujikan nanti, dan ngomong-ngomong neh DEPDIKNAS sudah ngasih tahu seperti apa soal yang akan di jadikan soal matematika nanti, SEGERA download di bawah ini dan pelajarilah, dijamin PASTI keluar di UJIAN nanti.

Download di sini, Standar Kelulusan mata Pelajaran Matematika SMA IPA, IPS, BAHASA dan Keagamaan
File: PDF 109 KBytes

Belum punya aplikasi PDF di komputer kamu? download segera versi terbaru Adobe Reader di sini.









Digg!
Standar Kompetensi Lulusan: Siswa mampu melengkapi paragraf atau percakapan dengan menggunakan kosa kata ungkapan komunikatif, unsur-unsur bahasa serta menyusun kata-kata sesuai dengan konteks.

Ruang Lingkup Materi : Melengkapi kalimat,paragraf, percakapan bentuk rumpang.
Indikator: Siswa mampu melengkapi paragraf dengan kata kerja groupe 3.

No. Soal: 1
Contoh Soal
: Teks untuk soal no 1 sampai dengan 6.
Michel et moi, nous ...(1) des vacances dans deux semaines. Moi, je vais à Rennes huit jours de plus.
Michel ...(2) avec les enfants en voiture ...(3) vont venir me chercher ....(4) gare de Dol. L’année derniére,
nous sommes aller à L’hôtel, mais cette année, nous ...(5) une location ...(6) un forêt.
a. allons aller
b. allons avoir
c. allons venir
d. allons sortir
e. allons partir
Kunci: B

Indikator: Siswa mampu melengkapi paragraf dengan kata kerja kala futur proche.
No. Soal: 2
a. partir
b. sont partir
c. part
d. va partir
e. vient de partir
Kunci: D

Indikator: Siswa mampu melengkapi paragraf dengan pronom subject.
No. Soal: 3
a. Nous
b. Vous
c. Ils
d. Elles
e. Il
Kunci: C

Indikator: Siswa mampu melengkapi paragraf dengan article contracté
No. Soal: 4
a. au
b. à l’
c. aux
d. à
e. à la
Kunci: E

Indikator: Siswa mampu melengkapi paragraf dengan kata kerja yang tepat.
No. Soal: 5
a. allons prendre
b. allez mettre
c. vont choisir
d. va chercher
e. allons finir
Kunci: A

Indikator: Siswa mampu melengkapi paragraf dengan preposition yang tepat.
No. Soal: 6
a. de
b. près de
c. dans
d. sur
e. derrière
Kunci: C

Indikator: Siswa dapat melengkapi percakapan dengan kata tanya.
No. Soal: 7
+ ... tu aimes, Audie?
−Moi, j’aime le jazz et le Pop.
a. Comment est-ce que
b. Qu’est-ce que
c. Est-ce que
d. Qui est-ce que
e. Quand est-ce que
Kunci: B

Ruang Lingkup Materi : Menemukan informasi yang tersurat/tersirat.
Indikator: Siswa mampu menentukan profesi seseorang dari suatu bacaan.
No. Soal: 8
Elle s’appelle Ariane. Elle a 16 ans. Elle habite á Montréal. Elle travaille dans un grand magasin. Elle sert les clients.
+ Qu’est-ce qu ‘Ariane fait?
−Elle est ....
a. employé
b. vendeuse
c. directeur
d. secrétaire
e. professeur
Kunci: B

Indikator: Siswa dapat menemukan informasi yang tersurat dari suatu bacaan.
No. Soal: 9
−Quel âge a-t-elle, Ariane?
+ Elle a ....
a. dix-sept ans
b. douze ans
c. quatorze ans
d. quinze ans
e. seize ans
Kunci: E

Indikator: Siswa dapat menemukan informasi yang tersirat dalam suatu bacaan.
No. Soal: 10
−Ariane n’est pas française?
+ Si, ....
a. elle est canadienne
b. elle n’est pas française
c. elle est française
d. elle n’est pas anglaise
e. elle est italienne
Kunci: C

Silahkan temen-temen download soal-soal Bahasa Perancis Lengkap di bawah ini.


Buat temen-temen cepetan klik disini untuk download materi ini sekarang juga!!
File : pdf 143 KBytes Soal ujian Matematika SMP 2009
Belum punya aplikasi pdf di komputer kamu?
klik disini untuk download segera PDF versi terbaru.





Digg!
Pada ujian nasional tahun pelajaran 2009, 2010, bentuk tes Bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs berupa tes tertulis sebanyak 50 soal dengan alokasi waktu 120 menit.

• Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah standar kompetensi lulusan tahun 2008 SKL–UN–2008.

• Bentuk tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Soal-soal tersebut berkaitan dengan kemampuan memahami dan menanggapi berbagai jenis teks sastra dan nonsastra dan berkaitan dengankemampuan menulis terbatas menyunting isi, bahasa, penggunaan kata, struktur kalimat, penggunaan ejaan dan tanda baca, kemampuan memahami berbagai jenis teks nonsastra.

• Kemampuan yang terakhir ini mencakup pemahaman gagasan utama, rincian informasi tersurat, dan penyimpulan informasi. Adapun kemampuan memahamiberbagai jenis teks sastra mencakup pemahaman unsur intrinsik puisi, cerpen, novel, dan drama. Kemampuan menulis terbatas mencakup kemampuan memilih bagianwacana yang sesuai untuk melanjutkan bagian yang rumpang, kemampuan menyunting isi yang tidak sesuai dengan konteks wacana.

Untuk mengerjakan tes ujian ini temen-temen harus jeli dan memang harus ekstra hati-hati, pada tahun ini ada beberapa perubahan materi dan standar kelulusannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan temen-temen baca pada artikel yang bisa temen-temen download di bawah ini tentang GAMBARAN UMUM STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SKL URAIAN
SMP dan MTs dan juga soal yang telah tim ujisoal buat. Ada rahasianya lho..


Sialahkan Klik disini untuk download soal dan pembahasan Ujian Bahasa Indonesia 2009 Untuk SMP dan Mts
File : pdf 143 KBytes Soal ujian Bhs. Indonesia SMP 2009
Belum punya aplikasi pdf di komputer kamu?
klik disini untuk download segera PDF versi terbaru.




Digg!
Pada ujian nasional tahun pelajaran 2009 dan 2010, bentuk tes Matematika tingkat SMP/MTs berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda, sebanyak 30 soal dengan alokasiwaktu 120 menit.

● Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasionaladalah standar kompetensi lulusan tahun 2009 SKL–UN–2009.

● Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut meliputi: bilangan bulat, bilangan pecahan, operasi pada bilangan,sistem persamaan linear, persamaan garis lurus serta unsur-unsurnya, pertidaksamaan, fungsi linear, bangun datar dan bangun ruang serta sifat-sifatnya, teoremapythagoras, unsur-unsur bangun geometri, garis sejajar dansudut, data dalam tabel, grafik dan diagram, rata-rata,median, dan modus.



GAMBARAN UMUM STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SKL


1. Siswa mampu menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan dan deret, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

• Bilangan
- Operasi hitung bilangan bulat
- Operasi hitung bilangan pecahan
- Perbandingan
- Aritmetika sosial

• Barisan, Deret Aritmetika dan
-Geometri
- Suku ke-n

2. Siswa mampu memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan danpertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

• Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

• Operasi bentuk aljabar

• Himpunan
- Himpunan bagian
- Irisan dua himpunan
- Gabungan dua himpunan
- Diagram Venn
• Relasi dan Fungsi
- Aturan pemetaan
- Nilai fungsi
- Grafik fungsi linear

• Sistem persamaan linear dua variabel

• Gradien dan persamaan garis lurus

3. Siswa mampu memahami bangundatar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

• Bangun datar (segitiga, segiempat, dan lingkaran)
- Sifat-sifat
- Luas dan keliling
- Garis singgung lingkaran
- Teorema Pythagoras
- Kesebangunan
- Kongruensi

• Bangun ruang
- Unsur-unsur
- Model kerangka dan jaring-jaring
- Luas permukaan dan volume

• Garis sejajar dan sudut
- Sifat-sifat
- Besar sudut

4. Siswa mampu memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

• Statistika
- Rentangan data
- Ukuran tendensi sentral
- Menyajikan dan menafsirkan data

Untuk yang kepengen tahu seperti apa bentuk soal dan cara mengerjakan soal matematika 2009, temen-temen semua silahkan download di bawah ini, dipelajari ya, kan rugi kalau udah punya bahan tetapi tidak di pelajari. Selamat mendownlad dan Selamat Belajar.



Buat temen-temen cepetan klik disini untuk download materi ini sekarang juga!!
File : pdf 143 KBytes Soal ujian Matematika SMP 2009
Belum punya aplikasi pdf di komputer kamu?
klik disini untuk download segera PDF versi terbaru.


Digg!
• Pada ujian nasional tahun pelajaran 2009,2010 bentuk tes Bahasa Indonesia tingkat SMA dan MA IPA, IPS berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda, sebanyak 50 soaldengan alokasi waktu 120 menit.

• Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah standarkompetensi

lulusan tahun 2009 SKL–UN–2009.

• Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebutmeliputi:

pemahaman bacaan atau teks pengumuman, tabel, grafik, bagan. menyunting penggunaan berbagai jenis kata, istilah,imbuhan, EYD, berbagai jenis kalimat, dan berbagai pola pengembangan paragraf. pemahaman atau penggunaan ungkapan, peribahasa, majas, dan berbagai kata yang mengalami perubahan makna; penulisan berbagai bentuksurat resmidan tidak resmi, lamaran pekerjaan; pemahamanunsur-unsur dan sistematika dalam penulisan karya tulis, proposal, poster, iklan, daftar pertanyaan wawancara, serta apresiasi berbagai karya sastra.

1. Siswa mampu membaca dan memahami, secara kritis berbagai jenis wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu klasik.

2. Memahami dan menanggapi berbagai ragam teks bacaan nonsastra dan sastra dengan berbagai teknik membaca mencakup:
- isi tersurat berbagai teks bacaan tabel adtau grafik, laporan, artikel, tajuk rencana, karya ilmiah, teks pidato, dan berbagai jenis paragraf
- pertanyaan isi berbagai teks bacaan
- ide pokok dalam artikel dan teks pidato
- fakta dan opini dalam teks bacaan
- rangkuman isi teks bacaan, tabel, dan grafik
- analisis buku biografi tokoh
- unsur intrinsik dan ekstrinsik berbagai karya sastra diantaranya sastra Melayu klasik, hikayat, novel Indonesia atau terjemahan, puisi, dan cerpen.
- simpulan paragraf induktif dan deduktif .

Untuk lebih lengkapnya silahkan temen-temen download panduan dan juga bocoran cara mengerjakan Soal ujian bahasa Indonesia 2009 di bawah ini.




Buat temen-temen cepetan klik disini untuk download materi ini sekarang juga!!
File : pdf 152 KBytes
Belum punya aplikasi pdf di komputer kamu?
klik disini untuk download segera PDF versi terbaru.












Bahasa Inggris bisa dibilang susah-susah tapi gampang, gampang-gampang tapi susah, karena letak kesulitannya lebih besar pada arti kata-katanya, jika kita tidak ngerti arti kata bahasa inggris gimana bisa mudeng maksudnya? ya to? oleh karena itu penguasaan vocabulary sangat penting untuk mengerjakan soal ini.
Rahasia soal ujian bahasa inggris yaitu terletak pada empat pokok bahasan, mau tau? ini tim ujisoal kasih bocoran.
Dalam soal bahasa inggris kita di suguhkan materi yang berkaitan dengan LISTENING, TATA BAHASA, VOCABULARY dan READING.
Tim Ujisoal akan bahas rahasianya satu persatu;

1. LISTENING.
Materi listening diperkirakan masih sekitar 15 hingga 20 soal, seperti yang tim ujisoal katakan di awal listening ini gampang-gampang susah, gampang bila mengerti apa yang dibicarakan, tetapi bisa susah untuk menentukan pilihan jawaban yang benar, karena di dalam Listening sebenarnya ada 2 unsur yang ditekankan; yaitu meaning (makna) dan tata bahasa. kunci untuk mengerjakan soal ini adalah teman-teman harus menyeimbangkan kemampuan antara menterjemahkan kalimat dan tatabahasa yang digunakan. perbanyaklah berlatih listening yang mengarah ke Achievement Academic, dan tim ujisoal sudah membuat prediksi atau gambaran soal latihannya, memang agak sulit tingkatannya, tapi jangan khawatir sudah ada panduan untuk menyelesaikannya di bawah setiap soal. Kalau anda bisa benar 10 saja diprediksi ini, itu di UAN nanti teman-teman akan salah maksimal 5 soal saja.

2. TATA BAHASA.
Apa sih yang dimaksud dengan TATA BAHASA dalam bahasa inggris?. Hal ini yang harus teman-teman pahami bahwa dalam UAN nanti tata bahasa inggris mencakup 2 pengertian; yaitu Ilmu tata bahasa itu sendiri atau Grammar dan Ungkapan. Tahukan maksudnya? oke tim ujisoal jelasin ya..
Maksudnya adalah seperti ini bahwa grammar/structure yang pasti keluar adalah seputar penggunaan kaidah tata bahasa yang dimasukkan dalam unsur dialogue. Atau dalam dialogue tersebut teman-teman diuji untuk bisa menentukan ungkapan apa yang digunakan. Daftar ungkapan dan grammar yang sering keluar di tiap UAN juga telah tim ujisoal siapkan. Silahkan didownload aja.

3. VOCABULARY
Selama ini Reading pada UAN Rata-rata 4 sampai 5 bacaan, berarti ada 5 soal vocabulary yang berhubungan dengan Reading teks. Soal lainnya bisa diluar Teks tersebut. Rahasia dalam mengerjakan Vocab ini adalah teman-teman harus bisa membedakan antara; verb, adjective, adverb, noun, past, dan participle.

4. READING
Mengerjakan Reading membutuhkan waktu yang agak lama namun teman-teman harus jeli melihat konteks yang disuguhkan. Yang penting teman-teman tahu bahwa rahasia soal Reading sebenarnya hanya ada 5 jenis pertanyaan, yaitu ; 1. Menanyakan ide pokok, 2. Menanyakan Jenis bacaannya; 3. Menanyakan untuk menentukan mana yang benar/salah, 4. Menanyakan Refering, dan 5. Vocabulary.

Ada cara/strategi khusus mengatasi ke lima jenis pertanyaan ini dan tidak mungkin tim ujisoal jelaskan satu persatu melalui blog ini. Tapi jika anda berminat silahkan kontak tim ujisoal melalui email atau tulis saja comment yang ada dibawah ini, tim ujisoal siap membantu teman-teman semua. Selamat Belajar semoga UJIANnya SUKSES, Amin..

Masih semangat belajar kan?? neh tim ujisoal kasih contoh soal, pembahasan sekaligus bocoran soal ujian bahasa inggris 2009 untuk SMA/MA.


Klik disini untuk Download gratis soal ujian bahasa inggris SMA/MA 2009.
f
ile: pdf 155 KBytes
Belum mempunyai aplikasi pdf dikomputermu? Download aplikasi pdf gratis disini.

UAN Bahasa Inggris bisa dibilang susah-susah tapi gampang, gampang-gampang tapi susah, karena letak kesulitannya lebih besar pada arti kata-katanya, jika kita tidak ngerti arti kata bahasa inggris gimana bisa mudeng maksudnya? ya to? oleh karena itu penguasaan vocabulary sangat penting untuk mengerjakan soal ini.
Rahasia soal UAN bahasa inggris yaitu terletak pada empat pokok bahasan, mau tau? ini tim ujisoal kasih bocoran.
Dalam soal bahasa inggris kita di suguhkan materi yang berkaitan dengan LISTENING, TATA BAHASA, VOCABULARY dan READING.
Tim Ujisoal akan bahas rahasianya satu persatu;

1. LISTENING.
Materi listening diperkirakan masih sekitar 15 hingga 20 soal, seperti yang tim ujisoal katakan di awal listening ini gampang-gampang susah, gampang bila mengerti apa yang dibicarakan, tetapi bisa susah untuk menentukan pilihan jawaban yang benar, karena di dalam Listening sebenarnya ada 2 unsur yang ditekankan; yaitu meaning (makna) dan tata bahasa. kunci untuk mengerjakan soal ini adalah teman-teman harus menyeimbangkan kemampuan antara menterjemahkan kalimat dan tatabahasa yang digunakan. perbanyaklah berlatih listening yang mengarah ke Achievement Academic, dan tim ujisoal sudah membuat prediksi atau gambaran soal latihannya, memang agak sulit tingkatannya, tapi jangan khawatir sudah ada panduan untuk menyelesaikannya di bawah setiap soal. Kalau anda bisa benar 10 saja diprediksi ini, itu di UAN nanti teman-teman akan salah maksimal 5 soal saja.

2. TATA BAHASA.
Apa sih yang dimaksud dengan TATA BAHASA dalam bahasa inggris?. Hal ini yang harus teman-teman pahami bahwa dalam UAN nanti tata bahasa inggris mencakup 2 pengertian; yaitu Ilmu tata bahasa itu sendiri atau Grammar dan Ungkapan. Tahukan maksudnya? oke tim ujisoal jelasin ya..
Maksudnya adalah seperti ini bahwa grammar/structure yang pasti keluar adalah seputar penggunaan kaidah tata bahasa yang dimasukkan dalam unsur dialogue. Atau dalam dialogue tersebut teman-teman diuji untuk bisa menentukan ungkapan apa yang digunakan. Daftar ungkapan dan grammar yang sering keluar di tiap UAN juga telah tim ujisoal siapkan. Silahkan didownload aja.

3. VOCABULARY
Selama ini Reading pada UAN Rata-rata 4 sampai 5 bacaan, berarti ada 5 soal vocabulary yang berhubungan dengan Reading teks. Soal lainnya bisa diluar Teks tersebut. Rahasia dalam mengerjakan Vocab ini adalah teman-teman harus bisa membedakan antara; verb, adjective, adverb, noun, past, dan participle.

4. READING:
Mengerjakan Reading membutuhkan waktu yang agak lama namun teman-teman harus jeli melihat konteks yang disuguhkan. Yang penting teman-teman tahu bahwa rahasia soal Reading sebenarnya hanya ada 5 jenis pertanyaan, yaitu ; 1. Menanyakan ide pokok, 2. Menanyakan Jenis bacaannya; 3. Menanyakan untuk menentukan mana yang benar/salah, 4. Menanyakan Refering, dan 5. Vocabulary.

Ada cara/strategi khusus mengatasi ke lima jenis pertanyaan ini dan tidak mungkin tim ujisoal jelaskan satu persatu melalui blog ini. Tapi jika anda berminat silahkan kontak tim ujisoal melalui email atau tulis saja comment yang ada dibawah ini, tim ujisoal siap membantu teman-teman semua. Selamat Belajar semoga UJIANnya SUKSES, Amin..

Teman-teman yang ingin mendapatkan bocoran mengerjakan soal ujian bahasa inggris 2009, bisa download gratis di bawah ini.

Klik disini untuk Download gratis soal ujian bahasa inggris SMP 2009.
f
ile: pdf 128 KBytes
Belum mempunyai aplikasi pdf dikomputermu? Download aplikasi pdf gratis disini.



Digg!
Ketika anda melakukan ujian, anda sedang mendemonstrasikan kemampuanmu dalam memahami materi. Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajar anda selama ini.

Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisimu sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian.

Sepuluh tips untuk membantu kamu dalam mengerjakan ujian:

1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2.Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

3. Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

4.Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

5. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
6. soal paling sulit
yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
memiliki nilai terkecil

7. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

8. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

9. Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

10. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

Terakhir..Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.


Digg!