Feb 16, 2009

Cara Belajar Yang Efektif

Untuk mempersiapkan ujian nasional nanti, tentu teman-teman selain mencari prediksi soal-soal ujian, kunci jawaban, atau mungkin bocoran soal-soal, tentunya kita harus mengetahui cara belajar yang efektif. Adakah diantara teman-teman yang sukar sekali mengingat? susah mengingat berarti juga sudah menghafal, atau mungkin susah juga menyerap apa yang teman-teman pelajari?, sekarang inget tapi besok sudah lupa... sering juga ketika mengerjakan soal ujian atau soal tes teman-teman berkata dalam hati "aduh aku inget di halaman ini, tapi isinya apa ya? kok lupa aduh..." atau "iya ini kan jawabannya yang aku baca tadi, kok lupa seh apa tadi ya?.."

Oleh karena itu tips kali ini semoga bisa membantu teman-teman dalam belajar, semoga juga kejadian sperti diatas tidak terjadi pada teman-teman semua.

1. Aturan utama, BELAJAR.
Kalau teman-teman sudah mempunyai prediksi soal ujian, materi atau pembahasannya, pelajarilah jauh-jauh hari. Kuasailah materi jauh sebelumnya, paling tidak satu bulan sebelum ujian teman-teman sudah mengusai bahan ujian.

2. Buatlah Gambar.
Untuk pelajaran yang lebih banyak kegiatan menghafal, teman-teman bisa menggunakan trik gambar, maksudnya adalah pada saat teman-teman membaca, gambarlah sesuatu yang terlintas di benak teman-teman,entah, bunga, kupu-kupu, bintang, bulan, apapun itu langsung tuangkan, gak peduli gambarnya jelek :) Nah biasanya di kemudian hari, tanpa teman-teman membaca seluruh halaman, ketika melihat gambar tadi pasti teman-teman akan ingat apa isinya, coba ntar langsung praktek ya.

3. Membacalah dengan menyenangkan dan kritis.
Membaca untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang tujuannya adalah mencari dan memahami ilmu yang terkandung dalam bacaan tersebut.
Membaca kritis. Membaca disini sama dengan membaca untuk mencari ilmu. Namun membaca disini diikuti oleh proses menelaah isi bacaan tersebut, misalnya dengan pertanyaan-pertanyaan apa itu?, mengapa bisa terjadi?, oleh siapa?, kapan?, dimana? dan bagaimana itu bisa terjadi? Dalam membaca kritis, kita membuat bacaan sebagai lawan yang harus dikalahkan dengan cara mengetahui dan memahami seluruh isinya. biasanya belajar dengan menggunakan metode membaca kritis akan menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Sebetulnya masih banyak tips lain, tapi dengan melakukan tiga hal di atas teman-teman ibarat sudah memegang kunci kelulusan. Segeralah lakukan dan siap-siaplah menerima nilai tinggi dalam ujian nanti. Selamat Belajar.


Digg!

0 comments:

Post a Comment

Menemukan kesulitan atau saran??