Bahasa Inggris bisa dibilang susah-susah tapi gampang, gampang-gampang tapi susah, karena letak kesulitannya lebih besar pada arti kata-katanya, jika kita tidak ngerti arti kata bahasa inggris gimana bisa mudeng maksudnya? ya to? oleh karena itu penguasaan vocabulary sangat penting untuk mengerjakan soal ini.
Rahasia soal ujian bahasa inggris yaitu terletak pada empat pokok bahasan, mau tau? ini tim ujisoal kasih bocoran.
Dalam soal bahasa inggris kita di suguhkan materi yang berkaitan dengan LISTENING, TATA BAHASA, VOCABULARY dan READING.
Tim Ujisoal akan bahas rahasianya satu persatu;

1. LISTENING.
Materi listening diperkirakan masih sekitar 15 hingga 20 soal, seperti yang tim ujisoal katakan di awal listening ini gampang-gampang susah, gampang bila mengerti apa yang dibicarakan, tetapi bisa susah untuk menentukan pilihan jawaban yang benar, karena di dalam Listening sebenarnya ada 2 unsur yang ditekankan; yaitu meaning (makna) dan tata bahasa. kunci untuk mengerjakan soal ini adalah teman-teman harus menyeimbangkan kemampuan antara menterjemahkan kalimat dan tatabahasa yang digunakan. perbanyaklah berlatih listening yang mengarah ke Achievement Academic, dan tim ujisoal sudah membuat prediksi atau gambaran soal latihannya, memang agak sulit tingkatannya, tapi jangan khawatir sudah ada panduan untuk menyelesaikannya di bawah setiap soal. Kalau anda bisa benar 10 saja diprediksi ini, itu di UAN nanti teman-teman akan salah maksimal 5 soal saja.

2. TATA BAHASA.
Apa sih yang dimaksud dengan TATA BAHASA dalam bahasa inggris?. Hal ini yang harus teman-teman pahami bahwa dalam UAN nanti tata bahasa inggris mencakup 2 pengertian; yaitu Ilmu tata bahasa itu sendiri atau Grammar dan Ungkapan. Tahukan maksudnya? oke tim ujisoal jelasin ya..
Maksudnya adalah seperti ini bahwa grammar/structure yang pasti keluar adalah seputar penggunaan kaidah tata bahasa yang dimasukkan dalam unsur dialogue. Atau dalam dialogue tersebut teman-teman diuji untuk bisa menentukan ungkapan apa yang digunakan. Daftar ungkapan dan grammar yang sering keluar di tiap UAN juga telah tim ujisoal siapkan. Silahkan didownload aja.

3. VOCABULARY
Selama ini Reading pada UAN Rata-rata 4 sampai 5 bacaan, berarti ada 5 soal vocabulary yang berhubungan dengan Reading teks. Soal lainnya bisa diluar Teks tersebut. Rahasia dalam mengerjakan Vocab ini adalah teman-teman harus bisa membedakan antara; verb, adjective, adverb, noun, past, dan participle.

4. READING
Mengerjakan Reading membutuhkan waktu yang agak lama namun teman-teman harus jeli melihat konteks yang disuguhkan. Yang penting teman-teman tahu bahwa rahasia soal Reading sebenarnya hanya ada 5 jenis pertanyaan, yaitu ; 1. Menanyakan ide pokok, 2. Menanyakan Jenis bacaannya; 3. Menanyakan untuk menentukan mana yang benar/salah, 4. Menanyakan Refering, dan 5. Vocabulary.

Ada cara/strategi khusus mengatasi ke lima jenis pertanyaan ini dan tidak mungkin tim ujisoal jelaskan satu persatu melalui blog ini. Tapi jika anda berminat silahkan kontak tim ujisoal melalui email atau tulis saja comment yang ada dibawah ini, tim ujisoal siap membantu teman-teman semua. Selamat Belajar semoga UJIANnya SUKSES, Amin..

Masih semangat belajar kan?? neh tim ujisoal kasih contoh soal, pembahasan sekaligus bocoran soal ujian bahasa inggris 2009 untuk SMA/MA.


Klik disini untuk Download gratis soal ujian bahasa inggris SMA/MA 2009.
f
ile: pdf 155 KBytes
Belum mempunyai aplikasi pdf dikomputermu? Download aplikasi pdf gratis disini.

1 comments:

Anonymous said...

thank's ya

Post a Comment

Menemukan kesulitan atau saran??