Pada ujian nasional tahun pelajaran 2009, 2010, bentuk tes Bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs berupa tes tertulis sebanyak 50 soal dengan alokasi waktu 120 menit.

• Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah standar kompetensi lulusan tahun 2008 SKL–UN–2008.

• Bentuk tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Soal-soal tersebut berkaitan dengan kemampuan memahami dan menanggapi berbagai jenis teks sastra dan nonsastra dan berkaitan dengankemampuan menulis terbatas menyunting isi, bahasa, penggunaan kata, struktur kalimat, penggunaan ejaan dan tanda baca, kemampuan memahami berbagai jenis teks nonsastra.

• Kemampuan yang terakhir ini mencakup pemahaman gagasan utama, rincian informasi tersurat, dan penyimpulan informasi. Adapun kemampuan memahamiberbagai jenis teks sastra mencakup pemahaman unsur intrinsik puisi, cerpen, novel, dan drama. Kemampuan menulis terbatas mencakup kemampuan memilih bagianwacana yang sesuai untuk melanjutkan bagian yang rumpang, kemampuan menyunting isi yang tidak sesuai dengan konteks wacana.

Untuk mengerjakan tes ujian ini temen-temen harus jeli dan memang harus ekstra hati-hati, pada tahun ini ada beberapa perubahan materi dan standar kelulusannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan temen-temen baca pada artikel yang bisa temen-temen download di bawah ini tentang GAMBARAN UMUM STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SKL URAIAN
SMP dan MTs dan juga soal yang telah tim ujisoal buat. Ada rahasianya lho..


Sialahkan Klik disini untuk download soal dan pembahasan Ujian Bahasa Indonesia 2009 Untuk SMP dan Mts
File : pdf 143 KBytes Soal ujian Bhs. Indonesia SMP 2009
Belum punya aplikasi pdf di komputer kamu?
klik disini untuk download segera PDF versi terbaru.




Digg!

0 comments:

Post a Comment

Menemukan kesulitan atau saran??